Senin, 16 September 2019

10 Makhluk terkecil dibumi

Secara Ilmiah, Makhluk hidup adalah makhluk yang terdiri dari sel-sel yang membutuhkan makanan , udara dan air untuk bertahan hidup. Dimana mereka mampu merespon perubahan dan memiliki kemampuan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain .Selain itu , untuk bisa di kategorikan sebagai makhluk hidup, ia harus bisa bereproduksi baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Artikel di bawah ini akan sedikit memberi pengetahuan anda tentang daftar makhluk hidup terkecil yang ada di bumi. Berikut daftarnya.

10. Landak Laut (6 milimeter)


Landak Laut yang juga dikenal dengan nama Bulu Babi adalah makhluk hidup berbentuk bulat dan memiliki duri dan sebagian besar spesies ini hidup di lautan di kedalaman 5000 m. Terdapat 950 spesies dari Landak Laut yang tersebar di seluruh lautan, beberapa spesies dapat di konsumsi, dan beberapa lagi mengandung racun yang cukup mematikan. Landak Laut terkecil yang pernah di temukan adalah spesies Echinocyamus scaber yang memiliki cangkang hanya 6 mm.
 

9. Bintang Laut (5 milimeter)


Bintang Laut atau yang juga bisa disebut Ikan Bintang dapat di temukan di lautan di seluruh dunia, biasanya hidup di kedalaman 6000 meter atau lebih. Bintang laut dapat berkembang biak dengan cara seksual dan aseksual. Tubuh mereka memiliki  warna tergantung di kedalaman berapa mereka hidup. Ada ada banyak Bintang Laut yang memiliki ukuran kecil, tetapi yang terkecil di antara mereka adalah Patiriella Parvivipara yang memiliki ukuran hanya 5 mm yang di temukan di Australia.


8. Teripang (4 milimeter)


Teripang atau Timun Laut adalah istilah yang diberikan untuk hewan invertebrata yang berasal dari kelas Holothuroidea dan dapat di konsumsi. Timun Laut tersebar luas di lingkungan laut di seluruh dunia, mulai dari zona pasang surut sampai laut dalam terutama di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik Barat. Mereka ditemukan dalam berbagai ukuran mulai dari 10-30 cm, tapi yang terkecil adalah Psammothuria ganapatii yang hanya memiliki ukuran 4 mm dan biasanya banyak di temukan di pantai India Timur di antara butiran-butiran pasir.


7. Kumbang (300 micrometer)


Kumbang diklasifikasikan dalam serangga dan memiliki dua pasang sayap. Kumbang dapat bertahan hidup di hampir semua jenis lingkungan kecuali di wilayah-wilayah bersuhu dingin. Ada sekitar 40,000 spesies kumbang yang dapat ditemukan di seluruh dunia dengan berbagai ukuran. Kumbang terkecil yang pernah ditemukan adalah Scydosella musawasensis yang masuk memiliki ukuran hanya 0,3 milimeter


6. Eriophyidae  (125 - 250 micrometer)


Eriophyidae adalah parasit tanaman yang menyebabkan kerusakan pada jaringan tanaman. Ada sekitar 3,600 spesies Eriophyidae yang pernah di temukan. Makhluk ini biasanya berwarna kuning, pink atau ungu dan memiliki 4 kaki. Mereka menyerupai cacing dan biasanya populasi mereka menyebar dengan bantuan angin. Meskipun mereka adalah parasit tanaman, tetapi beberapa dari mereka juga digunakan untuk mengontrol tanaman invasif dan gulma. Eriophyidae ditemukan dalam berbagai ukuran antara 125-250 micrometer


5. Krustasea (94 micrometer)


Krustasea adalah binatang berbentuk parasit dari kelompok Antropoda yang terbagi ke dalam lebih dari 67,000 spesies dengan ukuran yang berbeda. Krustasea adalah bagian penting dari rantai makanan dan karena ukurannya yang sangat kecil Krustasea juga sering di konsumsi oleh manusia. Stygotantulus stocki adalah spesies terkecil dari Krustasea yang hanya memiliki panjang tak lebih dari 94 micrometer.


4. Eukariota (0,8 micrometer)


Eukariota adalah organisme dengan sel kompleks, di mana bahan-bahan genetika disusun menjadi nuklei yang terikat membran. Mereka memiliki kemampuan untuk bereproduksi baik dengan bantuan dari mitosis atau meiosis. Mereka ditemukan dalam berbagai ukuran dan bentuk yang berbeda, tetapi yang terkecil di antara mereka adalah Prasinophytes yang merupakan jenis ganggang hijau dengan ukuran 0,8 mikrometer. Kebanyakan Prasinophytes hidup pada pasir di dasar laut.


3. Nanoarchaeum Equitans (400 nanometer)


Nanoarchaeum Equitans adalah mikroba yang memiliki diameter sekitar 400 nm. Untuk dapat tumbuh dan berkembang, Nanoarchaeum equitans harus hidup di tempat yang memiliki suhu pada titik didih. Mereka memiliki struktur tubuh melingkar dan memiliki lapisan tambahan untuk memberikan perlindungan kepada sel. Keabanyakan spesies ini berukuran sekitar 400 nanometer.


2. Mycoplasma Genitalium (200 nanometer)


Mycoplasma Genitalium dianggap sebagai makhluk hidup terkecil kedua di muka bumi ini. Mycoplasma Genitalium adalah bakteri parasit yang banyak ditemukan dalam saluran pernapasan.Mycoplasma Genitalium dapat menyebabkan penyakit genital dan biasanya ditularkan antara dari berhubungan badan tanpa menggunakan Kondom dan Mycoplasma Genitalium di temukan dalam berbagai ukuran, yang paling terkecil pernah di temukan dalam ukuran 200 nanometer.



1. Nanobes (20 nanometer)


Nanobes adalah makluh hidup yang memiliki ukuran 1/10 lebih kecil dari bakteri dan hingga saat ini di yakini sebagai makhluk hidup terkecil yang pernah hidup di muka bumi ini. Sebelumnya hal ini menjadi kontroversi di antara para ilmuwan karena para ilmuwan hanya menemukan stuktur mineral kristal pada Nanobes. Namun karena kemajuan terbaru dalam teknologi, telah mengklaim bahwa nanobes adalah Makluk Hidup karena mereka mengandung DNA dan memiliki kemampuan untuk bereproduksi dan mereka hanya memiliki ukuran tubuh tak lebih dari 20 nanometer. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar